Perangkat Lunak Hitung Mundur Pramuka Indonesia

11:16:00 AM m.asyim 0 Comments


LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke sehingga Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki  jumlah anggota Pramuka terbanyak di dunia. Kegiatan Kepramukaan yang dilakukan pun beragam, mulai dari permainan, lomba, outbond, kursus, perkemahan, hingga bakti masyarakat. Semua itu dilakukan untuk membentuk karakter kaum muda bangsa Indonesia.

Agar tercipta kondisi yang kondusif dan efektif dalam setiap kegiatan kepramukaan yang dilakukan, diperlukan suatu alat bantu yaitu media yang dapat menghitung mundur waktu kegiatan demi terciptanya fair play antara penyelenggara dan peserta kegiatan. Maka AfasKom merancang sebuah Perangkat Lunak Hitung Mundur Pramuka Indonesia yang kami singkat "Peluit Muni". Muni dalam bahasa Jawa mempunyai makna berbunyi. Sehingga peluit muni bermakna peluit yang berbunyi di akhir hitung mundurnya.



SEJARAH SINGKAT

Ide ini pertama kali muncul ketika saya memperhatikan suatu perlombaan Kepramukaan di awal tahun 2016 yang melakukan hitung mundur secara manual menggunakan handphone atau stopwatch pribadinya untuk membatasi waktu peserta lomba. Tidak ada yang tahu persis seberapa akurat atau presisi perhitungan dari pihak penyelenggara lomba. Maka pada tanggal 2 Mei 2016 AfasKom merilis aplikasi komputer bernama "Peluit Muni" versi beta yang dapat diunduh secara gratis di website ini. Sedangkan versi pro (berbayar) sedang masa pengembangan. Kami menerima usul/kritik/saran Anda melalui Fanspage Peluit Muni untuk kemajuan perangkat lunak ini mendatang agar lebih mudah digunakan, tepat, cepat dan efisien.



FITUR dan KELEBIHAN


  • Sistem Operasi Microsoft Windows XP hingga versi terbarunya saat ini
  • Resolusi minimal 1024 x 700 pixel
  • Sound Alarm berupa suara peluit yang tegas dan jelas
  • Dapat disaksikan bersama-sama pada layar LCD/LED/Proyektor



0 komentar: